Pengaduan Nasabah

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 01/POJK.07/2013 tanggal 6 Agustus 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tanggal 14 Februari 2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan serta komitmen PT. BPR Karimun Sejahtera dalam memberikan kenyamanan dan rasa aman dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah pada setiap kantor BPR Karimun Sejahtera.

Prosedur Penyampaian Pengaduan

Penyampaian keluhan atau aduan dapat disampaikan ke pihak Bank (PT. BPR Karimun Sejahtera) dapat disampaikan oleh Nasabah yang telah terdaftar aktif pada produk-produk yang disediakan oleh pihak Bank, nasabah Deposito, nasabah Tabungan maupun nasabah Pinjaman. Nasabah dapat menyampaikan keluhan/aduan kepada pihak BPR atas nama pribadi nasabah(tidak boleh diwakilkan) melalui cara-cara berikut :

    1. Pengaduan langsung secara lisan, dengan mendatangi kantor Pusat, kantor Cabang maupun kantor Pelayanan Kas BPR Karimun Sejahtera.
    2. Pengaduan secara tertulis, dengan mengisi form aduan nasabah yang tersedia di semua jaringan kantor BPR Karimun Sejahtera.
    3. Pengaduan via telpon melalui Customer Service, dengan menghubungi nomor telp. 0777-328655, 0779-431666 maupun 077731655.
    4. Penyampaian melalui email yang dapat disampaikan ke bpr.karimunsejahtera@gmail.com
    5. Pengaduan via whatsapp, ke nomor +62 811-7768-000
    6. Pengaduan via form yang ada di website ini
    7. Pengaduan lewat surat, yang dapat disampaikan ke alamat berikut
Kantor Pusat PT. BPR Karimun Sejahtera
Jl. Ampera No. 88 – 89, Kec. Karimun
Kabupaten Karimun – Kepulauan Riau
29661

Dalam setiap pengaduan yang disampaikan oleh nasabah, hal-hal berikut yang juga wajib dilengkapi oleh nasabah

    1. Fotokopi Identitas Diri (KTP/SIM atau bukti identitas lainnya yang berlaku.
    2. Fotokopi buku tabungan dan bukti pendukung lain (slip setoran, penarikan, rekening koran) yang terkait dengan produk Bank yang menjadi pokok aduan nasabah.
    3. Surat Kuasa kepada perwakilan yang ditunjuk Nasabah untuk menyampaikan keluhan( jika keluhan disampaikan secara langsung)

Tata cara pengaduan secara langsung(tatap muka)

Nasabah menyampaikan secara langsung (lisan) dengan tatap muka di kantor BPR Karimun Sejahtera

    1. Nasabah datang ke jaringan kantor BPR Karimun Sejahtera terdekat beserta dengan persyaratan yang telah ditentukan.
    2. Data diri dan dokumen pendukung pengaduan nasabah akan diverifikasi oleh petugas.
    3. Petugas akan mendaftarkan pengaduan nasabah.
    4. Bila pengaduan dapat langsung terselesaikan, maka petugas akan menyampaikan solusi kepada nasabah dan akan memberikan Surat Tanda Terima Pengaduan yang telah dilengkapi solusi yang dapat diterima oleh nasabah dari pihak bank.
    5. Bila pengaduan tidak dapat terselesaikan, maka petugas akan memberikan Bukti Tanda Terima Pengaduan untuk ditandatangani nasabah serta lamanya waktu penyelesaian pengaduan nasabah yang bersangkutan
    6. Pengaduan akan ditindaklanjuti oleh unit kerja yang bertugas menangani dan menyelesaikan pengaduan.

Tata cara pengaduan tanpa tatap muka (via telpon, whatsapp, email, form aduan)

    1. Nasabah bersedia dilakukan konfirmasi data terkait data pribadi dan juga bukti transaksi (pengaduan via telp)
    2. Nasabah menyampaikan/melampirkan persyaratan yg dibutuhkan sesuai dengan media yang dipilih untuk pengaduan(via whatsapp, email, surat atau form aduan online).
    3. Petugas akan menerima laporan(Pencatatan nomor aduan) dan memberikan bukti aduan kepada nasabah.
    4. Jika aduan dapat langsung diselesaikan, petugas akan langsung memberikan solusi kepada nasabah melalui media dimana nasabah dapat dihubungi (telp, whatsapp ataupun email).
    5. Jika engaduan nasabah tidak terselsaikan saat itu juga, makan aduan akan ditindaklanjuti dan akan disampaikan kepada nasabah terkait solusi dengan media dimana nasabah dapat dihubungi kembali.

 

Sampaikan Pengaduan