Pahlawan Literasi Keuangan Masa Kini

pahlawan literasi keuangan
pahlawan literasi keuangan

Hari Pahlawan 74 tahun lalu adalah momentum bangkitnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah di Surabaya yang mencoba merebut kembali kemerdekaan Indonesia. Pertempuran tersebut menjatuhkan banyak korban khususnya rakyat Surabaya, namun karena semangat rakyat Surabaya yang terus membara akhirnya penjajah dapat dipukul mundur.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ir. Soekarno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Sudah seharusnya kita menghargai dan melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan yang berkorban hingga titik darah penghabisan. Kini kita masih melakukan perlawanan, namun bukan perlawanan terhadap penjajah di medan tempur, melainkan melawan kemiskinan dan kebodohan. Apabila bisa melawan itu semua kita berharap bisa mendapat kesejahteraan bagi seluruh bangsa.

Semangat juang kepahlawanan sudah seharusnya dimiliki setiap orang dan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Berperang melawan kebodohan dan kemiskinan salah satunya dapat kita lakukan dengan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kepercayaan terhadap produk dan jasa keuangan alias meningkatkan literasi keuangan. Penting bagi tiap orang untuk memiliki tingkat literasi keuangan yang baik agar dapat mengambil keputusan keuangan yang terbaik. Mantan Ketua The Fed (1987-2006), Alan Greenspan bahkan pernah mengatakan, “Masalah utama pada generasi saat ini dan perekonomian adalah kurangnya literasi keuangan”.

Untuk meningkatkan literasi keuangan ini butuh peran serta semua lapisan masyarakat, mulai dari di perkotaan hingga pedesaan. Sobat pernah dengar agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif)? Agen Laku Pandai ini yang menjadi pahlawan literasi keuangan di seluruh daerah di Indonesia.
Sobat bisa baca disini untuk tau lebih banyak tentang Laku Pandai.

Agen Laku Pandai tersebar di seluruh Indonesia khususnya di daerah-daerah yang jauh dari fasilitas perbankan. Agen Laku Pandai sangat berjasa dalam memberikan kemudahan akses keuangan bagi masyarakat di sekitarnya. Dengan menjadi agen Laku Pandai selain meningkatkan taraf hidup orang lain, ia juga dapat meningkatkan taraf hidupnya sendiri. Banyak kita dengar cerita kesuksesan dari agen laku pandai di seluruh Indonesia. Para agen laku pandai tidak hanya memberikan fasilitas atau jasa keuangan, lebih dari itu mereka juga menjadi sumber informasi dan masukan bagi para nasabah. Bahkan tidak sedikit agen Laku Pandai yang memberikan edukasi keuangan bagi nasabah maupun masyarakat sekitarnya agar tidak hanya sekedar memiliki uang tapi harus bisa mengelola dan membuat keputusan yang bijak untuk masa depan. Selain itu, para agen juga tidak hanya duduk menunggu nasabah datang, secara proaktif mereka “menjemput bola” dengan mendatangi nasabah. Ngga berlebihan rasanya kalau kita menyebut para agen Laku Pandai ini sebagai pahlawan literasi keuangan masa kini kan?

Selain agen Laku Pandai, saat ini sudah mulai bermunculan duta-duta literasi keuangan di berbagai daerah. Duta literasi keuangan ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, dengan sukarela berbagi pengetahuan dengan sekitarnya agar masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya dengan literasi keuangan yang lebih baik. Mereka ini yang akan menjadi pahlawan keuangan di berbagai daerah, menjadi perpanjangan tangan untuk berbagi informasi dan pengetahuan mengenai keuangan di daerah-daerah maupun di kelompok-kelompok yang lebih kecil.

OJK juga terus mendorong munculnya pahlawan literasi keuangan dari berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. Hal itu diwujudkan OJK dengan cara rutin bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan kegiatan-kegiatan di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut misalnya dalam bentuk sosialisasi, edukasi keuangan, Training of Trainers (ToT) bagi guru atau dosen, OJK Goes To School, OJK Goes To Campus, Pameran Keuangan, serta berbagai program guna mempermudah akses keuangan masyarakat dalam mendapatkan produk dan jasa keuangan. Tujuan akhirnya tentu untuk menghasilkan pahlawan-pahlawan literasi keuangan yang dapat menginspirasi dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat sekitarnya. Sobat Sikapi juga bisa lho menjadi pahlawan literasi keuangan, dimulai dengan membekali diri sendiri lalu berbagi pengetahuan dengan orang-orang terdekat. Jangan khawatir Sobat bisa menggunakan materi-materi yang ada pada minisite ini sebagai bekal.

Beberapa contoh di atas adalah orang biasa yang tidak punya kekuatan super untuk menjadi seorang super hero atau pahlawan. Namun mereka punya niat kuat dan semangat yang tak pernah putus untuk mengabdi, berbagi ilmu dan menyebarkan manfaat bagi sesama. Selamat Hari Pahlawan, Aku Pahlawan Masa Kini.